Penulis / NIM
SAPRIANTO BATUTA / 831414014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
SAFRIANTO BATUTA.âHubungan Antara Tingkat Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Melakukan Lompat Jauh Pada Kelas X Di SMK Gotong Royong Gorontaloâ. Program studi S1 Penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakulatas Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh Drs. Sarjan Mile, M.s selaku Pembimbing 1 dan selaku Pembimbing 2 Mirdayani Pauweni, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar siswa dalam melakukan lompat jauh pada kelas X di SMK Gotong Royong Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar siswa dalam melakukan lompat jauh pada kelas X di SMK Gotong Royong Gorontalo. desain penelitian ini adalah korelasi dengan jumlah sampel 22 orang yang diambil dari keseluruhan populasi yang berjumlah 124 orang. Pelaksanaan penelitian korelasi ini, langsung diawali dengan tes uji angket percaya diri, kemudian langsung melakukan tes lompat jauh sabanyak dua kali. Dari hasil pengolahan yang di dapat yaitu rxysebesar 0.672. Hal ini berarti tingkat kepercayaan diri (variabel x) dan prestasi belajar lompat jauh (variabel y) adalah 0. 672. Dan rtpada tarafsignifikan 5 % = 0, 427, maka hipotesa alternatif atau hipotesa kerja (Ha) yang berbunyi âada hubungan yang signifikan antara tingkat kepercayaan diri (variabel x) dan prestasi belajar lompat jauh (variabel y).
Kata Kunci :Percaya Diri dan Lompat Jauh
Download berkas