Penulis / NIM
ZAINAL / 831414019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penilitian ini adalah ketidak mampuan siswa dalam melakukan gerakan passing bawah baik dari gerakan ( posisi posture, perekenaan bola, ayunan tangan , arah pandangan) di SMP 1 Negeri Talaga. Cara pemecahanya di lakukan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah pada siswa berupa gerakan (posisi posture, perkenaan bola, ayunan tangan, arah pandang) peningkatan kemampuan peserta didik akan di katakan meningkat apabila persentase rata-rata jumlah peserta didik yang suda mampu menguasuai kemmpuan dalam melakukan passing bawah dalam permainan bola voli dapat dapat di tingkatkan meinimal 75% . penelitian di laksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua sikus ini indicator kinerja yang telah di rumuskan tercapai dengan baik.
Hasil penelitian menunjukan peningkata hasil pembelajaran passing bawah melalui model pembelajaran tipe STAD dengan problem hasil belajar observasi awal 15,38, pada siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar 61,53 kemudian peneliti melnjutkan pada siklus II di peroleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,92. Maka penelitian dinyatakan selesai.
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan medel tipe STAD, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan passing bawah. terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa mengalami peningkatan.
Kata kunci : Kemampuan Passing Bawah, Model pembelajara tipe STAD.
Download berkas