Penulis / NIM
ARMINSYAH / 831414028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Arminsyah, 2018. Pengembangan model pembelajaran games with heterogen team bulutangkis pada mata pelajaran penjaskes bagi siswa SMP Negeri 12 Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Hariadi said, M.S, pembimbing II: Suriyadi datau, S.Pd M.Pd.
Kata kunci : games with heterogen team, model, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, SMP Negeri 12 Gorontalo.
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran games with heterogen team, melalui permainan bulutangkis yang telah dimodifikasi sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dan berguna dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan produk, dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu medesain draf awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, revisi tahap 1, revisi tahap II, uji skala luas, revisi terakir. Subjek penelitian ini adalah SMP Negeri 12 Gorontalo (VII dan VIII). Jumlah subjek penelitian adalah 189 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh tiga orang ahli dan dua orang guru penjas. Uji coba skala kecil berjumlah 28 siswa dan uji coba skala luas 189 siswa.
Hasil penelitian ini adalah suatu produk pengembangan model pembelajaran games with heterogen team melalui permainan bulutangkis yang telah dimodifikasi sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
Kesempulan penelitian ini adalah suatu model pembelajaran games with heterogen team yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pemdidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, untuk mengenbangkan keterampilan gerak dasar, dan menanamkann nilai kerja sama,sportivitas, tidak membeda-bedakan latar belakang, saling mebantu dalam proses belajar dan kejujuran terhadap siswa SMP Negeri 12 Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bagi guru penjas dapat menggunakan model pembelajaran games with heterogen team sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
Download berkas