Penulis / NIM
LISA SAKURA / 831414032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Lisa Sakura. 2018. Pengembangan Model Permainan Badponk Pada Siswa di SMK Gotong Royong. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Pembimbing I: Drs. Sarjan Mile, M.S, pembimbing II: Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd.
Kata kunci : Badponk, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, media pembelajaran, siswa sekolah SMK gotong royong.
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan model permainan badpponk sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa sekolah menengah kejuruan kelas X. Secara khusus penelitian diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta mengidentifikasi karakteristik, keunggulan, dan keterbatasan model permainan yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan produk, dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mendesain draf produk awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, revisi tahap 1, revisi tahap II, uji skala besar, revisi terakir. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK gotong royong kelas X. Jumlah subjek penelitian adalah 83 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh 4 orang ahli dan satu orang guru penjas. Uji coba skala kecil berjumlah 15 siswa dan uji coba skala besar 83 siswa.
Hasil penelitian ini adalah suatu produk model permainan badponk yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan. Berdasarkan uji coba skala luas terhadap produk, diketahui respon siswa dalam bentuk skor total dengan kategori sangat baik. Skor total tersebut menggambarkan pencapaian kompetensi dasar dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan permainan badponk.
Kesimpulan penelitian ini adalah suatu model produk model permainan badponk yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar, dan menanamkan nilai kerjasama, sportifitas, dan kejujuran pada siswa sekolah menengah kejuruan kelas X. Berdasarkan hasil penelitian diatas diharapkan bagi guru penjas di SMK gotong royong dapat menggunakan produk-produk model permainan badponk sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan bagi siswa kelas X.
Download berkas