Penulis / NIM
SYAFRIZAL PALAY / 831414035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
SYAFRIZAL PALAY "Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bolavoli Siswa Kelas X IPA 2 SMA NEGERI 1 PAGUAT. Program Studi S1 Penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing 1 dan selaku pembimbing 2 Zulkifli lamusu, S.Pd M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode drill terhadap hasil belajar passing atas pada permainan bolavoli siswa kelas X IPA 2 SMA NEGERI 1 PAGUAT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran drill terhadap hasil belajar passing atas pada permainan bolavoli pada siswa SMA N 1 PAGUAT. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pre test dan post test desain yang dilakukan di sekolah SMA NEGERI 1 PAGUAT dengan jumlah sampel yang diambil dari populasi yang berjumlah 22 orang. Pelaksanaan eksperimen semu ini, di awali dengan tes awal, kemudian treatment sebanyak 14 kali dan di akhiri dengan tes akhir. Hasil pengujian pre-test memiliki nilai rata-rata 78 dan hasil dari pengujian post-testmengalami peningkatan 79,87 nilai rata-rata. Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 14.23.Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftaratau t(0,995(21) = 2.83. Ternyata harga thitungtelah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa metode drill memiliki pengaruh terhadap hasil belajar passing atas pada permainan Bolavoli siswa kelas X IPA 2 DI SMA NEGERI 1 PAGUAT.
Kata kunci : Hasil belajar passing atas, Metode drill
Download berkas