Penulis / NIM
MAIMUN ALI / 831414048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negei 8 Gorontalo, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan Passing Bawah dalam permainan bolavoli SMP Negeri 8 Gorontalo
Berdasarkan Hasil penelitian pre testkemampuan passing bawah menunjukan skor tertinggi yakni 50 dan skor terendah yakni 33.33. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai standar deviasi 6.7 dan nilai varians 44.73. Sedangkan pada hasil post testkemampuan passing bawah diperoleh skor tertinggi 91.66 dan skor terendah 66.66. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai standar deviasi 7.9 dan nilai varians 63.86.Dengan demikian responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil tes awal (pre test) sampai tes akhir (post test).Untuk keperluan pengujian hipotesis dalam penelitian ini, maka dalam pengujian hipotesis digunakan uji analisis data penelitian eksperimen untuk menganalisis data ekperimen yang menggunakan ujit.Penelitian menjawab hasil dari hipotesis yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing bawahpada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo.
Kata kunci :Model pembelajaran kooperatif ,Tipe STAD keterampilan Passing Bawah bola voli.
Download berkas