Penulis / NIM
RIVALDI HARUN / 831414055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstrak
ABSTRAK
RIVALDI HARUN.âPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Lompat Jauh Siswa Kelas VIII5 SMP NEGERI 1 TELAGAâ. Pendidkan Jasmani Dan Rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo .
Pendidikan Jasmani Dan Rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi dibawah bimbingan Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Meyke Parengkuan,M pd, pembimbing II. 2018.
Adapun yang menjadi permasalahan pada peneliti ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap keterampilan lompat jauh siswa kelas VIII5 Smp Negeri 1 Telaga. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap keterampilan lompat jauh siswa kelas VIII5 Smp Negeri 1 Telaga. Penelitian ini adalah eksperimen semu, untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan maka pemberian perlakuan berdasarkan pada rencana atau desain penelitian yaitu dalam penelitian ini dipergunakan metode penelitian eksperimen dengan melakukan tes awal, memberikan treatmen atau perlakuan dan tes akhir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa, dengan selisih perolehan nilai pretest 75 (skor tertinggi) dan 37,5 (skor terendah), sedangkan posttes 100 (skor tertinggi) dan 75 (skor terendah). Hasil penguji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitungSebesar 20.26 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 2.86. Ternyata harga thitunglebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe stad memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketrampilan lompat jauh .
Kata Kunci : Kooperatif tipe STAD, Lompat jauh
Download berkas