Penulis / NIM
SERLI KAIDA / 831414061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Serli Kaidah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tip Jigsaw Terhadap Keterampilan Servis Aatas Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1). Drs. Sarjan Mile, M.S. dan Pembimbing (2). Ruslan, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negei 8 Gorontalo, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan servis atas dalam permainan bolavoli SMP Negeri 8 Gorontalo
Berdasarkan hasil dari tes awal servis atas diperoleh nilai tertinggi 58.33 dan skor terendah 33.33. setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rat-rata sebesar 42.92. nilai standar deviasi 5.59 dan nilai varians 31.25. sedangkan pada hasil penelitian tes akhir servis atas diperoleh nilai tertinggi 100 dan skor terendah 58.33 setelah dilakukan analisis, diperoleh skor rata-rata sebesar 73.33. nilai standar deviasi 7.59 dan nilai varians 57.57. sedangkan pada uji hipetesis dimana Thitung> Ttabel, yaitu Thitung untuk servis atas adalah = 19.49 dan Ttabel untuk servis atas adalah = 2.86, maka berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan anlisis adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan servis atas dalam permainan bolavoli SMP Negeri 8 Gorontalo.
Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, Keterampilan servis atas bola voli.
Download berkas