Penulis / NIM
SUKARDI NGGUYU / 831414063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ASWAN DAI, M.Pd / 0021026102
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN, S.Pd, M.Pd / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Sukardi Ngguyu.2021. â�Å" Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Bongomemeâ�Â. Skripsi. Prodi S-1 Penjaskesrek Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing: (1) Drs. Aswan Dai, M.Pd (2) Ruslan,S.Pd,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini permasalahan sebagai berikut: Kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan pasing bawah pada permainan bola voli, Pendekatan pembelajaran yang bagaimana dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam melaukan passing bawah? Rumusan masalah Apakah dengan model pembelajaran problem based learing dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bongomeme Kabuapten Gorontalo.Adapun tujuan penelitian ini adalah Meningkatan kemampuan siswa dalam hasil belajar passing bawah terhadap gaya mengajar problem based learning dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bongomeme Kabupeten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 pada memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar melalui pendekatan kontekstual dari siklus ke siklus.Pada siklus I dari pada kolaborator 1 dari 29 siswa ada 10 siswa (34%) yang mencapai kriteria yang telah ditetapkan, sedangkan 19 siswa (65%) belum mencapai kriteria yang diharapkan, dengan jumlah skor akhir kelas dengan nilai rata-rata kelas 72. Pada kolaborator 2 dari 29 siswa ada 11 siswa (38%) yang mencapai kriteria yang telah ditetapkan, sedangkan 18 siswa (61%) belum mencapai kriteria yang diharapkan, dengan jumlah skor akhir kelas dengan nilai rata-rata kelas 72,5. Pada siklus II mengalami peningkatan. Skor dari kedua kolaborator dapat dijabarkan sebagai berikut, pada kolaborator 1 dari 29 siswa ada 24 siswa (83%) yang mencapai kriteria yang telah ditetapkan, sedangkan 5 siswa (17%) belum mencapai kriteria yang diharapkan, dengan jumlah skor akhir dengan nilai rata-rata kelas 82,5. Pada kolaborator 2 dari 29 siswa ada 25 siswa (86%) yang mencapai kriteria yang telah ditetapkan, sedangkan 4 siswa (13%) belum mencapai kriteria yang diharapkan, nilai rata-rata kelas 81,6 .Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu 80 % dari seluruh siswa yang menjadi subyek penelitian telah berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75,maka penelitian dinyatakan selesai.Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode pembelajaran Based Laraning pada siswa kelas VII SMP N 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo selama 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar siswa dan Metode Pembelajaran Based Laraning
Download berkas