Penulis / NIM
SITI KARMILA MASSI / 831414065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Siti Karmila Massi, 831 414 065, Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Insturction Terhadap Kemampuan Rol Depan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Suryadi Datau, S.Pd, M.Pd. 2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran explicit insturction terhadap hasil kemampuan melakukan rol depan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen semu dengan desain pre-test post test desing dengan sampel 15 orang serta selisi perolehan nilai pre-test 83,33 (skor tertinggi) dan 41,67 (skor terendah), sedangkan nilai post-test 100 (skor tertinggi) dan 58,33 (skor terendah). Hasil penelitian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan harga thitung sebesar 13.23. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(14) = 2.98, dengan demikian thitung lebih besar dari pada tdaftar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai dimana pengaruh model pembelajaran explicit insturction terhadap hasil kemampuan melakukan rol depan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Sehingga dapat disimpulkan keseluruhan metode memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan rol depan.
Kata Kunci: Model pembelajaran explicit insturction terhadap hasil kemampuan melakukan rol depan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo.
Download berkas