Penulis / NIM
RISNO MOKOBOBOI / 831414109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
RISNO MOKOBOBOI, Nim : 831 414 109 âPengaruh Metode Pembelajaran Drill Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Lompat Jauh Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Gorontaloâ, pendidikan jasmani rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Ruslan S.Pd,M.Pd selaku Pembimbing I dan Mirdayani Pauweni S.Pd,M.Pd selaku pembimbing II
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui metode Drill kemampuan teknik dasar lompat jauh siswa kelas XI SMK Negeri 5 Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian: untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Drill terhadap kemampuan teknik dasar lompat jauh pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Gorontalo. Metode penelitian : Penelitian eksperimen.Desain penelitian ini mengunakan One Group pre-test,pos-test,desain. Sampel penelitian sebanyak 20 orang.
Hasil penelitian : berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode pembelajaran Drill terhadap kemampuan teknik dasar lompat jauh.Hal ini disadari setelah dilakukan perhitungan statistika penelitian tes awal (X1) diperoleh nilai rata-rata 68,2155, nilai varians 56,3, dan standar deviasi 7,50.Untuk tes akhir (X2) diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,385, nilai varians 47,78, dan standar deviasi 6,92. Dari hasil analisis dan pengujian untuk variabel kemampuan melakukan teknik dasar lompat jauh harga thitungsebesar 7,82 dan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabelsebesar 2,86. Sehingga hipotesis berbunyi terdapat pengaruh metode pembelajaran drill terhadap kemampuan teknik dasar lompat jauh pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Gorontalo
Kata Kunci : Metode Drill, Lompat Jauh
Download berkas