Penulis / NIM
MALIK ABDUL AZIS / 831414120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
MALIK ABD AZIS MBALU, Nim 831414120 ..." Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Passing Atas Pada permainan Bolavoli Siswa Kelas XI AK.2 SMK NEGERI 5 GORONTALO. Di bawah bimbimngan Ruslan, S.Pd,M.Pd selaku pembimbing I dan Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Gorontalo, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan passing atas pada permainan bolavoli pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian pr-test menunjukan skor nilai tertinggi 58.33 sedangkan nilai terendah 25. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 38.1 , nilai standar deviasi 13.52 dan nilai varians 182.77. sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukan skor tertinggi 75 dan nilai terendah 33.33 . setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 53.35, nilai standar deviasi = 12.51 dan nilai varians = 156.1. sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-testmenunjukan harga thitungsebesar 14.93. sedangkan daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995)(19) = 2.86.Ternyata harga thitung telah berada dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HAditerima dan tidak dapat menerima Ho.
jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pasing atas dalam permainan bolavoli.
Kata kunci : Model Pembelajaran Koperatif Jigsaw, Kemampuan Pasing Atas Bola Voli.
Download berkas