Penulis / NIM
ASWAR TJATJO / 831414122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ASWAN DAI / 0021026102
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 5 Gorontalo, dengan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap peningkatan kemampuan passing bawah pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan, objek penelitian kelas X dengan jumlah sampel 20 orang.
Berdasarkan hasil penelitian Pre-test menunjukkan skor tertinggi 23 dan skor yang terendah 12. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 17.75 dan nilai standar deviasi 3.65448 dan varians 13.35526. Hasil penelitian Post-test menunjukkan skor tertinggi 31 dan skor terendah 16. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 23.3 dan standar deviasi 4.20651 dan varians 17.69473. Hasil pengujian Pre-test dan Post-test menunjukkan harga thitung sebesar 12.02495. Dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 2.86. ternyata harga thitung telah lebih besar dari ttabel. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem solving memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan Passing bawah pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Gorontalo.
KATA KUNCI : Kemampuan Passing Bawah, Hakekat Pembelajaran Problem solving
Download berkas