Penulis / NIM
RENDI ADJAMI / 831414127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Rendi Adjami, Nim 831 414 127 ..."Perbandingan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran Explicit instruction terhadap keterampilan Smash pada permainan bola siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa.
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas olahraga dan kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Drs. Sarjan Mile, M.s dan Bapak Suryadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran Explicit instruction terhadap keterampilan Smash pada permainan bola siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa. Hipotesis dalam penelitian ini yakni ..."Terdapat perbandingan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran Explicit instruction terhadap keterampilan Smash pada permainan bola siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa. Dengan prosedur penelitian ..."Pre Test (X), Treatmen (T), dan Post Test (X). Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa kelas Kelas XI SMA N 1 SUWAWA yang berjumlah 135 siswa. Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah keseluruhan dari populasi masing-masing kelas sebanyak 22 siswa Kelas XI SMA N 1 Suwawa yang diambil secara Total Sampling. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan Dari hasil uji hipotesis dimana Thitung > Ttabel, yaitu Thitung untuk model model pembelajaran explicit instruction adalah = 39.65 dan Thitung untuk model pembelajaran TGT adalah = 17.43 dan Ttabel masing-masing adalah = 2.83, maka berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran memiliki efek peningkatan terhadap keterampilan smash pada permaianan bola voli. akan tetapi model pembelajaran explicit instruction memiliki peningkatan lebih baik di banding model pembelajaran tgt terhadap keterampilan Smash pada permainan bola voli siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa.
Kata Kunci : Model pembelajaran TGT dan Explicit Instruction, Kemampuan Servis bawah bola voli.
Download berkas