SKRIPSI

Penulis / NIM
JUFRI UMAR / 831414140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK JUFRI UMAR. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Peningkatan Teknik Dasar Tendangan Sabit Dalam Olahraga Pencak Silat Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : apakah terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap peningkatan teknik dasar tendangan sabit dalam olahraga pencak silat pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo ? Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan dasar tendangan sabit dalam olahraga pencak silat melalui model pembelajaran explicit intructionpada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo.Hipotesis dalam penelitian ini adalah â�Å"terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap peningkatan teknik dasar tendangan sabit dalam olahraga pencak silat pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo.�. Melaluimodel pembelajaran explicit intructionterbuktimempengaruhiteknik dasartendangan sabitdalam Pencak Silat. Hal inididasarkanpadahasilpenelitian yang telahdilakukandan memperoleh data sebagaiberikut ;berdasarkan hasil eksperimen yang telah dianalisis dengan pengujian statistik terdapat peningkatan rata-rata pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat pada siswa yaitu, sebelum diberikan pembajaran adalah 3.050 dan sesudah diberikan pembelajaran rata-ratanya 4.310. Dengan demikian peneliti berasumsi bahwa penerapan pembelajaran explicit instructionmemberikan pengaruh terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = -18.472 lebih besar dari nilai ttabel pada alfa α = 0,05; dk n-1 (20-1 = 19) diperolleh harga ttabel = 1,729. Dengan demikian thitunglebih besar dari pada ttabel, kriteria pengujian mengatakan bahwa tolak Ho jika thitung (th) > (tt), oleh karena itu hipotesis alternative Ha dapat diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran explicite instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat. Sehingga hipotesis Ho menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran explicite instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat ditolak dan menerima hipotesis Hi yang menyatakan; diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran explicit instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat. Kata Kunci : Explixit Instruction,Tendangan Sabit,Pencak Silat.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011