Penulis / NIM
TOMY SAPUTRA ABDULLAH / 831414150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Abdullah, Tomy. 2018. Pengembangan model permainan sepak bola untuk siswa kelas IV dan V SDN 3 Botupingge. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Pembimbing I: Drs, Sarjan Mile, M.S, pembimbing II: Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan model permainan sepak bola sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa sekolah dasar kelas IV dan V. Secara khusus penelitian diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta mengidentifikasi karakteristik, keunggulan, dan keterbatasan model permainan yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan produk, dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mendesain draf produk awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, revisi tahap 1, revisi tahap II, uji skala luas, revisi terakir. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 Botupingge kelas (IV dan V). Jumlah subjek penelitian adalah 55 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh tiga orang ahli dan dua orang guru penjas. Uji coba skala kecil berjumlah 31 siswa dan uji coba skala luas 55 siswa.
Hasil penelitian ini adalah suatu produk model permainan sepak bola roda gawang yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan. Berdasarkan uji coba skala luas terhadap produk, diketahui respon siswa dalam bentuk skor total dengan kategori sangat baik. Skor total tersebut menggambarkan pencapaian kompetensi dasar dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan permainan sepak bola roda gawang.
Kesimpulan penelitian ini adalah suatu model produk model permainan sepak bola roda gawang yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar, dan menanamkan nilai kerjasama, sportifitas, dan kejujuran pada siswa sekolah dasar kelas IV dan V. Berdasrkan hasil penelitian diatas diharapkan bagi guru penjas sekolah dasar dapat menggunakan produk produk model permainan bola kaki sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasamani, Olahraga dan Kesehatan bagi siswa kelas IV dan V.
Kata kunci : sepak bola, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, media pembelajaran, siswa sekolah dasar kelas IV dan V.
Download berkas