Penulis / NIM
SEFRIN M. TUNA / 831414153
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Tuna, M Sefrin. 2018. Pengembangan Permainan Sepak Bola Satu Gawang Dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Telaga Biru. 2018. Pembimbing I: Prof.DR.H. Hariadi Said.MS, pembimbing II: Drs.H. Ahmad Lamusu.S.Pd.M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan sepak bola satu gawang bagi siswa kelas VII SMP N 1 Telaga Biru. Tujuan penelitan ini adalah menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan sepak bola satu gawang yang efektif bagi siswa SMP kelas VII.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan produk, dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mendesain draf produk awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, revisi tahap 1, uji coba skala luas, revisi tahap II, Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Telaga Biru kelas VII. Jumlah subjek penelitian adalah 72 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh satu ahli dan satu guru penjas. Uji coba skala kecil berjumlah 25 siswa dan uji coba skala luas 72 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Data berupa hasil penilaian kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan respon siswa terhadap model permainan. Uji validitas istrumen aspek psikomotor nilai koefisien kolerasi 0.850, aspek kognitif 0.876, dan aspek afektif 0.661. uju reliabilitas instrumen aspek psikomotor nilai koefisien kolerasi 0.772, aspek kognitif 0.808, dan aspek afektif 0.553. secara keseluruhan menunjukan hasil yang valid dan reliable. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif.
Dari data yang dikumpulkan , diketahui respon siswa dalam bentuk skor total aspek psikomotor, kognitif, dan afektif menunjukan: (1) siswa yang memiliki skor total dengan kategori sangat baik berjumlah 70 siswa atau sekitar 97.22%, (2) siswa memiliki skor total dengan kategori sedang berjumlah 2 siswa atau sekitar 2.78% dan (3) tidak ada siswa yang memiliki skor total dengan kategori kurang. Skor total tersebut mengambarkan pencapaian kompetensi dasar dalam proses pembelajaran dengan menggunakan permainan sepak bola satu gawang
Berdasarkan hasil data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan hasil pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan sepak bola satu gawang dinilai layak diterapkan diberikan kepada siswa kelas VII SMP karena siswa mampu mempraktikan dengan bersemangat dan aktif.
Kata kunci : Pengembangan, Sepak Bola, Siswa SMP Kelas VII.
Download berkas