Penulis / NIM
SUPARDIN / 831414165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar lompat jauh gaya jongkokpada Siswa Kelas XSMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Hipotesis dalam penelitian ini yakni â�Å"TerdapatPengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar lompat jauh gaya jongkokpada Siswa Kelas XSMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian eksperimen. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaitu Variabel X (Metode Bermain) dengan Variabel Y (lompat jauh), dengan prosedur penelitian â�Å"Pre Test (X�), Treatmen (T), dan Post Test (X�).Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Gorontalo Sebanyak 100 orang. Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah sebanyak 16 siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Gorontalo yang diambil secara Purvosive Sampling.Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 43,52. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(15) = 2.95. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode bermaindapat meningkatkan Hasil Belajar lompat jauh gaya jongkokpada Siswa Kelas XSMA Negeri 2 Kota Gorontalo.
Kata Kunci :Metode Bermain,Lompat Jauh Gaya Jongkok
Download berkas