Penulis / NIM
ILHAM POBELA / 831414168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ASWAN DAI, M.Pd / 0021026102
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
Abstrak
Ilham Pobela. Nim 831 414 168. â�Å"Meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran tipe student teams achievement division (stad) pada siswa kelas VII SMP Negeri Widyakramaâ�Â. Program studi S1 Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Drs. Aswan Dai.M.Pd.Pembimbing II Edy Dharma Putra Duhe, S.Pd.M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli dapat di tingkatkan melalui pembelajaran tipe student teams achievement pada siswa kelas VII SMP Widyakrama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah melalui model pembelajaran stad. Penelitian merupakan tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dalam melakukan passing bawah dalam pembelajaran tipe student teams achievement division (stad). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP NegeriWidyakrama, dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 8 putra dan 12 putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan skala liner dengan melihat hipotesis dan indikator kinerja 80%. Dari keseluruhan siswa sudah menunjukan keterampilan hingga sudah mencapai kategori baik 80%. Dari keseluruhan siswa sudah menunjukan hasil belajar passing bawah sudah mencapai kategori baik (83,67%). Berdasarkan hasil pengamatan pada hasil observasi awal keterampilan siswa kurang yakni mencapai nilai rata-rata 57.00%. Sehingga di lakukan siklus 1,setelah di berikan tindakan maka mengalami peningkatan yakni mencapai rata-rata 69,92%, akan tetapi pada siklus 1 ini belum juga mencapai target yang diharapkan yakni 80%. Sehingga dilakukan lagi kesiklus II dengan memperbaiki dan menyempurnakan kembali proses pembelajaran maka pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 83,67%. Hal ini mencapai target yang diharapkan sesuai indikator kinerja 80% sehingga penelitian dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran tipe student teams achievement division (stad) dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli, dengan diberikan tindakan penelitian ini berhasil
kata kunci: Passing bawah model pembelajaran tipe student teams achievement division (stad)
Download berkas