Penulis / NIM
SURYADI SUPRATMAN BAU / 831414171
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Suryadi Supratman Bau, 831 414 171. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Interaction Terhadap Kemampuan Tolak Peluru Gaya Membelakangi Siswa Kelas 72 SMP N 1 Widyakrama. Pembimbing 1, Drs. Ahmad Lamusu S.Pd M.Pd, Pembimbing II, Risna Podungge S.Pd M.Pd, Pada tahun 2017.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen pembelajaran yang di lakukan di SMP N 1 Widyakrama , khususnya pada kelas 72 meneliti tentang kemampuan tolak peluru gaya membelakangi pada cabang olahraga tolak peluru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pembelajaran dengan desain tes awal dan tes akhir dengan menggunakan format penilaian gerak dasar. Pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan menggunakan indikator keterampilan siswa melakukan gaya menolak peluru gaya membelakangi. Pembelajaran yang diberikan adalah gaya menolak peluru dangan membelakangi sektor lemparan (gaya O'brain) pada tes awal dan tes akhir. Hipotesis penelitian yang di gunakan yaitu HO= yaitu tidak terdapat pengaruh model pembelajaran explicit interaction terhadap kemampuan siswa melakukan tolak peluru gaya membelakangi, HA= yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran expilicit interaction terhadap kemampuan siswa melakukan tolak peluru gaya membelakangi. Dari hasil pengujian hasil pre test dan post test menunjukan harga thitung sebesar 25.98. sedangkan dari daftar distribusi di peroleh harga tdaftar atau t(0,995(14) = 2.98. Ternyata harga thitung telah berada dalam daerah penerimaan HA. dengan dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima HO. jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit interaction meningkatkan kemampuan tolak peluru gaya membelakangi, siswa kelas 72 SMP N 1 Widyakrama.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Interaction, Kemampuan Tolak Peluru Gaya Membelakangi.
Download berkas