Penulis / NIM
HASNI EYATO / 831414209
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
HASNI EYATO /831 414 209 "MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUKUL BOLA PADA MATERI PERMAINAN KASTI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 2 ASPARAGA" Dosen Pembimbing I Dra. H, Nurhayati Liputo,M.Pd Dan Dosen Pembimbing 1I Risna Podungge S.Pd, M.Pd
Adapun masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Hasil belajar siswa pada materi permainan kasti pada pelajaran penjas masih sangat rendah, 2) Siswa kurang aktif dalam permainan kasti dan juga siswa kurang perhatian saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memukul bola pada materi permainan kasti melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 2 Asparaga..". Hipotesis tindakan yakni ":Jika model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) ini diterapkan, maka kemampuan memukul bola pada materi permainan kasti pada siswa Kelas IV SDN 2 Asparaga dapat ditingkatkan".Indikator kinerja" apabila kemampuan memukul bola pada permainan kasti melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada siswa kelas IV SDN 2 Asparaga dapat ditingkatkan minimal 75%. Maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Asparaga dengan jumlah siswa 30 orang, putri berjumlah 12 orang dan putra berjumlah 18 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan keterampilan dasar memukul bola pada permainan kasti yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan keterampilan dasar memukul bola sebesar 53.04%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 62.30% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 76.14%, jadi hipotesis yang dinyatakan: "Jika model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) ini diterapkan, maka kemampuan memukul bola pada materi permainan kasti pada siswa Kelas IV SDN 2 Asparaga dapat ditingkatkan" dapat diterima.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Memukul Bola metode, Kooperatif Tipe STAD Siswa SD Negeri.
Download berkas