Penulis / NIM
MOH. RUKHYAT AMIN / 831415007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN, S.Pd, M.Pd / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Amin, Moh. Rukhyat. 831 415 007. â€Meningkatkan Hasil Belajar Passing Pada Permainan Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Gorontaloâ€. Skripsi Program Studi Penjaskes-rek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ruslan, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Zulkifli Lamusu, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : apakah dengan menerapkan metode pendekatan bermain siswa dapat meningkatkan basil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Gorontalo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola melalui pendekatan bermain siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Gorontalo. Hipotesis penelitian ini adalah jika metode pendekatan bermain diterapkan, maka passing pada permainan sepak bola akan meningkat.
Berdasarkan hasil perolehan pada obeservasi awal siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gorontalo memperoleh kategori cukup dengan perolehan rata-rata siswa secara keseluruhan pada observasi awal adalah 65.94. untuk hasil perolehan siklus I berada pada kategori yang sama yaitu cukup dengan perolehan nilai rata-rata siswa keseluruhan pada siklus I adalah 72.94 dan untuk hasil perolehan siklus II dengan perolehan nilai nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 83.23 namun masih ada 2 orang siswa yang masih yang masih belum mencapai KKM 73 adalah siswa yang jarang aktif. siklus II dengan jumlah siswa 32 yang mencapai keberhasilan nilai di atas KKM dengan presentase 83.23. sehingga pada siklus ini telah dianggap mencapai tingkat keberhasilan 80% dan keseluruhan siswa yang mencapai KKM.
Kata Kunci: Pendekatan Bermain, Passing, Permainan Sepak Bola
Download berkas