SKRIPSI

Penulis / NIM
ADITYA INDRAWANSYAH BUHANG / 831415040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK Aditya Indrawansyah Buhang. NIM. 831415040. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Metode Explicit Intruction Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga a. Gorontalo : Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Tahun 2021. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Apakah meningkatkan kemampuan hasil belajar pada siswa kelas VII dalam melakukan passing bawah pada cabang olahraga bola voli di SMP N 1 telaga? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan teknik dasar passing bawah dalam permaianan Bolavoli dan untuk meningkatkan teknik dasar passing bawah dalam permaianan Bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga melalui model Explicit Intruction. Berdasarkan temuan dan pembahsan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa pada materi hasil belajar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli di Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga dapat ditingkatkan melalui penerapan model Explicit Instruction dengan perolehan hasil tes kemampuan siswa dimana pada pelaksanaan kegiatan Pra Siklus diperoleh hasil dimana dari 31 orang siswa terdapat sebanyak 21 orang siswa atau 67.74% memperoleh nilai dibawah standar KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan kategori “Kurang”, 9 orang siswa atau 29.0% memperoleh kategori “Cukup”, dan 1 orang siswa atau 3,22% memperoleh kategori “Baik”, dengan perolehan nilai rata-rata klasikal sebesar 52,90% sehingga dipandang perlu di terapkan model Explicit Instruction dalam pembelajaran dan dilanjutkan pada kegiatan Siklus I. Pelaksanaan kegiatan siklus I diperoleh terdapat 11 orang siswa atau 35,49% memperoleh nilai dengan kategori “Cukup”, 18 orang siswa atau 58,1% memperoleh nilai dengan kategori “Baik”, dan 2 orang siswa atau 6,46% memperoleh kategori “Sangat Baik” dengan dengan perolehan nilai rata-rata klasikal sebesar 67,42%, namun belum dapat mencapai indikator kinerja yang ditetapkan sehingga kegiatan pembelajaran perlu dilanjutkan kesiklus II. Dan pada pelaksanaan siklus II diperoleh sebanyak 30 orang atau 96,8% sudah bisa melakukan latihan passing bawah permainan bola voli dan 1 orang atau 3,22% yang dinyatakan belum bisa melakukan latihan passing bawah permainan bola voli dengan perolehan nilai klasikal sebesar 86,13% dan telah memenuhi Indikator Kinerja yang ditentukan sebesar 75% sehingga dapat diartikan kegiatan pembelajaran tidak perlu dilanjutkan kesiklus III dan dinyatakan selesai. Kata Kunci : Metode Explicit Intruction, Passing Bawah, Olahraga Bola Voli
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011