Penulis / NIM
DITA HARMOKO R. NUSA / 831415053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Dita Harmoko R. Nusa: 831415053. Meningkatkan hasil belajarpassing bawah pada permainan bolavoli melalui model pembelajaranExplicit Instruction pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. ( suatu penelitian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Telaga., pembimbing 1. Ibu Risna Podungge S.Pd, M.Pd. dan pembimbing II bapak Suriyadi Datau S.Pd M.Pd.Masalah dalam penilitian ini adalah ketidak mampuan siswa dalam melakukan gerakan passing bawah baik dari gerakan ( posisi posture, perekenaan bola,ayunan tangan,arah pandangan)diSMPNegeri 1 Telaga. Cara pemecahanya di lakukan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah pada siswa berupa gerakan (posisi posture, perkenaan bola, ayunan tangan, arah pandang) peningkatan kemampuan peserta didik akan di katakan meningkat apabila persentase rata-rata jumlah peserta didik yang suda mampu menguasuai kemampuan dalam melakukan passing bawah dalam permainan bola voli dapat dapat di tingkatkan meinimal 75%. penelitian di laksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua sikus ini indicator kinerja yang telah di rumuskan tercapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukan peningkata hasil pembelajaran passing bawah melalui model pembelajaran Explicit Instruction dengan problem hasil belajar observasi awal 52,90, pada siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar 67,42 kemudian peneliti melanjutkan pada siklus II di peroleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 86,13. Maka penelitian dinyatakan selesai.
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaranExplicit Instruction, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar passing bawah pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. terbukti dari siklus I ke siklus II kemampuan siswa mengalami peningkatan.
Katakunci: Kemampuan Passing Bawah, Model pembelajaran
Download berkas