SKRIPSI

Penulis / NIM
ARWANDO MATARA / 831415081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yakni sebagai berikut : âapakah metode role playing dapat meningkatkan keterampilan dasar bounce pass dalam permainan bolabasket pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabilaâ? Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dasar bounce pass melalui metode role playing dalam permainan bolabasket pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Metode yang digunakan yakni metode role playing. Berdasarkan data empiris yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas, hal yang perlu diperhatikan guru yaitu menjelaskan kepada siswa tentang langkah-langkah metode role playing serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan atau mempraktekkannya sendiri atau bertanya pada kelompok ahli serta mencatat materi-materi penting dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas X dalam melakukan keterampilan dasar bounce pass. Pada observasi awal, dari 22 orang siswa, 6 orang siswa (27,27%) yang memperoleh nilai rata-rata 47,17 atau dalam kategori kurang dan 16 orang siswa (72,73%) yang memperoleh nilai rata-rata 40,25 atau dalam kategori kurang sekali, sedangkan nilai rata-rata klasikal 42,14 Pada siklus I, dari 22 orang siswa, 6 orang siswa (27,27%) yang memperoleh nilai rata-rata 47,17 atau dalam kategori kurang dan 16 orang siswa (72,73%) yang memperoleh nilai rata-rata 40,25 atau dalam kategori kurang sekali, sedangkan nilai rata-rata klasikal 42,14. Dan pada siklus II, dari 22 orang siswa, 6 orang siswa (27,27%) yang memperoleh nilai rata-rata 47,17 atau dalam kategori kurang dan 16 orang siswa (72,73%) yang memperoleh nilai rata-rata 40,25 atau dalam kategori kurang sekali, sedangkan nilai rata-rata klasikal 42,14. Memperhatikan peningkatan keterampilan dasar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu âmetode role playingâ siswa dalam melakukan keterampilan dasar bounce pass dalam permainan bola basketdapat diterima (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil. Kata Kunci: Permainan Bolabasket, Bounce Pass, Metode Role Playing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011