SKRIPSI

Penulis / NIM
DEAN PRATAMA MONTI / 831415083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK Dean Pratama Monti, Nim 831415083, 2020. ��Ã..."Meningkatkan Keterampilan Servis Atas Dalam Permainan BolaVoli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa��. Program study S1 pendidikan keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan,, universitas negeri gorontalo, (pembimbing I Drs. Sarjan Mile,MS dan pembimbing II Risna Podungge, S.Pd,M.Pd). Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui metode kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keterampilan servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa menggunakan metode kooperatif tipe TGT, adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 33 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 18 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kooperatif tipe TGT. dengan menggunakan metode kooperatif tipe TGT maka keterampilan servis atas pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa dapat meningkat sehingga metode kooperatif tipe TGT bisa dikembangkan disekolah. Berdasarkan hasil observasi awal, ternyata kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa dalam keterampilan servis atas dalam permainan bolavoli baru mencapai 55,71% sehingga dilaksanakan tindakan siklus I. setelah diberikan tindakan pada siklus I maka mengalami peningkatan sebesar 71,98% akan tetapi, pada siklus I belum juga mencapai indikator yang diharapkan yaitu 80% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Dengan diberikan tindakan dan memperbaiki serta menyempurnakan kembali proses pembelajaran maka indikator yang diharapkan telah tercapai yakni meningkat hingga 82,08% sehingga penelitian ini dinyatakan tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sangat tepat untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar khususnya keterampilan servis atas dalam permainan bolavoli. Kata kunci : keterampilan servis atas, metode kooperatif tipe TGT
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011