Penulis / NIM
RAZIQ ABDILLAH ASSAGAF / 831415091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ASRY SYAM, S.Pd, M.Pd / 0006067607
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN, S.Pd, M.Pd / 0017087802
Abstrak
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : âApakah model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan teknik dasar pukulan forehand padapermainantenismejapadasiswakelas VI SDN 55 Dumbo Raya?â Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar pukulan forehand padapermainan tenis meja melaluimodel kooperatif tipe STAD padasiswakelas VI SDN 55 Dumbo Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD.
Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VI dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand, sebagai berikut :Aspek (A) tahap persiapan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 66.76, siklus I mencapai 76.67 dan siklus II mencapai 81.97.Aspek (B) tahap gerakan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 49.87, siklus I mencapai 61.68, dan siklus II mencapai 79.11.Aspek (C) tahap akhir pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 51.09, siklus I mencapai 64.08, dan siklus II mencapai 79.3.
Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu âjika melalui model pembelajaran student team achievement division (STAD)maka teknik dasar pukulan forehand pada siswakelas VI di SDN 55 Dumbo Raya akan meningkatâ (terbukti kebenarannya).Jadipenelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil.
Kata Kunci : PukulanForehand, Permainan TenisMeja, Model Kooperatif Tipe STAD
Download berkas