Penulis / NIM
FADLI H. IDRAK / 831415111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
Fadli H. Idrak, 831415111,2019 Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri Widyakrama. Program Studi S1 Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa tidak dapat meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh, metode yang digunakan adalah Metode Pembelajaran Role Playing .Sampel dalam penelitiian ini adalah Siswa Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri Widyakrama berjumlah 25 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri Widyakrama. Pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan hasil penerapan Metode Pembelajaran Role Playing pada siswa yang dikenai tindakan yakni 3 orang siswa 12,00% yang memperoleh nilai 75 keatas sedangkan presentasi kemampuan lompat jauh meningkat pada siklus II, dimana 24 dari 25 siswa atau 96,00% dinyatakan tuntas.
Kesimpulan dari tindakan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing ini dapat dikemukakan bahwa melalui penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dapat meningkatan Kemampuan Lompat Jauh siswa. Dengan demikan maka hipotesis penerapan dapat dirumuskan sebagai berikut. Jika menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran penjas khususnya meningkatakan Kemampuan Lompat Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri Widyakrama dalam melakukan aktifitas olahraga akan meningkat.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Role Playing ,Lompat Jauh
Download berkas