Penulis / NIM
MOHAMMAD WIRASTO IBRAHIM / 831416073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Wirasto Ibrahim, Skripsi ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Bapak Drs. Sarjan Mile, Ms dan Ibu Risna Podungge, S.Pd, M.Pd.
Salah satu penyebab rendahnya hasil kemampuan siswa dalam kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola yaitu kurang tepatnya model pembelajaran yang diberikan oleh guru atau pelatih, sehingga siswa merasa bosan/jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru. Maka dari permasalahan diatas peneliti mengambil salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Karena peneliti merasa model pembelajaran ini sangat cocok dengan permainan sepak bola yang di antaranya ada tim, permainan, dan berkelompok.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Post Test Design dan terdiri dari 2 Variabel yaitu Variabel X (Model pembelajaran STAD) dan Variabel Y (Teknik Menggiring bola). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 239 siswa. Sampel pada penelitian ini diambil dengan cara Total Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 putra dan 16 putri SMP Negeri 4 Gorontalo. Pengujian Uji statistik dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji-t dengan menunjukkan hasil dari pengujian data pre-test dan post-test nilai dari thitung 63,22. Sedangkan hasil dari ttabel yang diperoleh dari daftar distribusi tdaftar atau t(0,995(30) yaitu 2,75.
Berdasarkan data penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement (STAD) Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar Pada Permainan Sepakbola Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung 63,22 lebih besar dari ttabel 2,75 ( thitung = 63,22 > ttabel = 2,75). Jadi berdasarkan dengan kriteria pengujian, maka H_0 diterima jika thitung > ttabel.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe stad, Teknik Menggiring Bola
Download berkas