SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNUS PANANI / 831416074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ASWAN DAI, M.Pd / 0021026102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
Abstrak Yunus Panani. 831416074. 2020. ��Ã..."Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Batudaa�� Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bombing oleh bapak Drs. Aswan Dai, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Ibu Risna Podungge, S.Pd.,M.Pd. selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Gerak Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Batudaa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL) lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh tahap persiapan 62,25, tahap pelaksanaan 57,5, follow trough 54,70 dan Hasil 61,5 dengan skor rata-rata keseluruhan 59,12 berada pada criteria penilaian Cukup. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL). (2) dari evaluasi siklus I diperoleh tahap persiapan 77, tahap pelaksanaan 70, follow trough 71,83 dan Hasil 72, dengan skor rata-rata keseluruhan 72,70. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran Problem based learning (PBL). (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh tahap persiapan 85,87, tahap pelaksanaan 83,66, follow trough 81,62 dan Hasil 86,5, keseluruhan ini dilakukan dengan praktek, skor rata-rata keseluruhan sebanyak 84,58. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata darisiklus I kesiklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL) dalam melakukan teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL) makahasil belaja menendang bola dengan kaki bagian dalam pada siswa kelas V SD Negeri 10 Batuda���a dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Kemampuan Menendang, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011