SKRIPSI

Penulis / NIM
FIRMAN HUSIN / 831416088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARTONO HADJARATI, S.Pd M.Pd / 0026087403
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak Firman Husin. 2020. â�Å"Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kota Gorontalo� Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 Penjaskesrek, Fakultas Olahragadan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh bapak Drs. Hartono Hadjarati, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Suriyadi Datau, S.Pd.,M.Pd. selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik Passing Bawah sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh tahap persiapan 57,5, tahap perkenaan bola 57, dan akhir gerakan 56,44 dengan skor rata-rata keseluruhan 56,92 berada pada kriteria penilaian kurang.. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. (2) dari evaluasi siklus I diperoleh tahap persiapan 72, tahap perkenaan bola 71, dan akhir gerakan 70,4 dengan skor rata-rata keseluruhan 71,02. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran Discovery Learning. (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh tahap persiapan 82,5, tahap perkenaan bola 81,5, dan akhir gerakan 81,84. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I kesiklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning dalam melakukan teknik dasar Passing Bawah dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran Discovery Learning maka hasil belaja Passing Bawah pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kota Gorontalo dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Kemampuan Passing Bawah, Model Pembelajaran Discovery Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011