Penulis / NIM
FIRMAN HUSIN / 831416088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARTONO HADJARATI, S.Pd M.Pd / 0026087403
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Firman Husin. 2020. â�Å"Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kota Gorontalo�Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 Penjaskesrek, Fakultas Olahragadan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh bapak Drs. Hartono Hadjarati, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Suriyadi Datau, S.Pd.,M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik Passing Bawah sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh tahap persiapan 57,5, tahap perkenaan bola 57, dan akhir gerakan 56,44 dengan skor rata-rata keseluruhan 56,92 berada pada kriteria penilaian kurang.. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. (2) dari evaluasi siklus I diperoleh tahap persiapan 72, tahap perkenaan bola 71, dan akhir gerakan 70,4 dengan skor rata-rata keseluruhan 71,02. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran Discovery Learning. (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh tahap persiapan 82,5, tahap perkenaan bola 81,5, dan akhir gerakan 81,84.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I kesiklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning dalam melakukan teknik dasar Passing Bawah dapat ditingkatkan.
Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran Discovery Learning maka hasil belaja Passing Bawah pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Kota Gorontalo dapat diterima dan dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Kemampuan Passing Bawah, Model Pembelajaran Discovery Learning
Download berkas