Penulis / NIM
JAMALUDIN BAHTIAR GUI / 831416104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr AISAH R POMATAHU, M.Kes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ASWAN DAI, M.Pd / 0021026102
Abstrak
ABSTRAK
Jamaludin Bahtiar Gui. 831416104. Meningkatkan Keterampilan Shooting Dalam Permainan Bola Basket Melalui Penerapan Metode Resiprokal Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Marisa. Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I
Prof. Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu, Dra., M.Kes, dan Pembimbing II
Drs. Aswan Dai, M.Pd.
Rumusan masalah yang diteliti adalah: â�Å"Apakah dengan penerapan metode resiprokal dapat meningkatkan keterampilan Shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marisa?â�ÂTujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui peningkatan keterampilan shooting dalam permainan bola basket dengan menggunakan metode resiprokal pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marisa. Hipotesis penelitian ini adalah jikametode resiprokal diterapkan maka keterampilan shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marisaakanmeningkat.
Hasil rata-rata keseluruhan observasi awal siswa adalah 58,82 dan meningkat sebesar 15,74 sehingga mencapai 67,86 setelah evaluasi tindakan siklus I dilakukan. Pada siklus 1 hasil rata-rata keseluruhan siswa adalah 67,86 meningkat sebesar 12,23 sehingga mencapai 80,09 setelah evaluasi tindakan siklus II dilakukan.Selisih peningkatannya lebih besar pada siklus II, karena sudah banyak siswa memahami dan melakukan tahap-tahap keterampilan shooting dengan baik, sehingga pada evaluasi siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan yaitu 80%. Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan bahwa : jikametode resiprokal diterapkan maka keterampilan shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marisaakanmeningkat dapat diterima.
Kata Kunci : Shooting, Permainan Bola Basket, Resiprokal
Download berkas