Penulis / NIM
ILHAM S. IDING / 831416123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Ilham S. Iding. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola MelaluiMetode Bermain Siswa Kelas V SDN 10 Tilamuta. Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IRisna Podungge, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut :berapa besar peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola bila metode bermain pada siswa kelas V SDN 10 Tilamuta diterapkan?Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola melalui metode bermain pada siswa kelas V SDN 10 Tilamuta. Hipotesis penelitian ini adalah jika dengan menggunakan metode bermain maka model pembelajaran menggiring bola pada permainan sepak bola pada siswa kelas V SDN 10 Tilamuta akan meningkat.
Berdasarkan hasil analisis data selisih peningkatan hasil rata-rata observasi awal setelah evaluasi tindakan siklus I dilakukan lebih besar dibandingkan peningkatan hasil rata-rata siklus I setelah evaluasi tindakan siklus II dilakukan, dikarenakan pada observasi awal siswa mempunyai motivasi belajar dan rasa ingin tahu yang sangat tinggi tentang menggiring dalam permainan sepak bola dan pada evaluasi siklus I ini sudah banyak siswa yang belum memahami serta melakukan tahap-tahap menggiring bola dengan mencapai 68,36 namun belum mencapai indikator kinerja yang sudah di tetapkan 80%, maka dilanjutkan pada tindakan siklus II yang mencapai 80,07, selisih peningkatannya lebih besar dikarenakan pada siklus II sudah banyak siswa memahami dan melakukan tahap-tahap menggiring bola dengan baik, sehingga pada evaluasi siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar capaian pada siklus II ini telah menuai keberhasilan yang sangat signifikan. Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan bahwa : dengan metode bermain maka keterampilan siswa kelas V SDN 10 Tilamuta Kabupaten Boalemo dalam menggiring bola pada permainan sepak bola dapat meningkat.
Kata Kunci : Menggiring Bola, Permainan Sepak Bola, Metode Bemain.
Download berkas