Penulis / NIM
MOH. FAYSHAL ARIF MATULU / 831416125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Fayshal, Matulu. 2020. Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode drill terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo? Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik pengujian statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 7.22 Nilai ttabel pada α = 0,05; dk = n-1 (25-1 = 24) diperoleh sebesar = 1.711 , dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (thitung =7.22 ≥ ttabel =1,711).Berdasarkan kriteria pengujian bahwa terima Ha: jika thiting ≥ ttabel pada α = 0,05; n-1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh dalam hal ini melihat tingkat kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan metode drillmemiliki pengaruh terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo.
Kata kunci: Metode Drill, Lompat jauh, Lompat jauh gaya jongkok.
Download berkas