Penulis / NIM
REVALDO DJAKARIA / 831418005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Revaldo Djakaria. 831418005. 2022. Meningkatkan Hasil belajar keterampilan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui media dinding pada siswa kelas VII SMPN 1 Sumalata timur. Skripsi Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Risna Podungge S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Suryadi Datau S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui Keterampilan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang memaparkan terjadinya sebab akibat dari perlakuan, sekaligus memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak perlakuan tersebut.
Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran menggunakan dinding dapat meningkatkan keterampilan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja pada siswa kelas VII SMPN 1 Sumalata Timur. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan keterampilan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja pada siswa kelas VII SMPN 1 Sumalata Timur, Nilai rata-rata keterampilan pukulan Forehand setelah dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan media dinding pada siklus I sebesar 84,0. Hasil persentase ketuntasan juga menunjukkan bahwa keterampilan pukulan forehand drive setelah dilakukan upaya melalui media dinding sebagian besar tuntas sebanyak 9 siswa (90%).
Kata kunci : Permainan tenis meja, Pukulan Forehand Drive, Pembelajaran.���
Download berkas