Penulis / NIM
TAUFIK BUMULO / 831418041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Taufik Bumulo. NIM. 831418041. 2022. Pengaruh Latihan Dumbbell Terhadap Ketepatan Smash Dalam Olahraga Tenis Meja Pada Siswa Putra Kelas VII SMP Negeri 3 Duhiadaa. Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ��Ã..."apakah terdapat pengaruh pada ketepatan smash dalam cabang olahraga tenis meja melalui latihan dumbbell pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 3 Duhiadaa?Ã��ÂÂ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan dumbbell terhadap ketepatan smash dalam cabang olahraga tenis meja pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 3 Duhiadaa.
Hasil pengujian diperoleh thitung = 11.896 nilai ttabel pada a = 0,05 ; dk n-1 (0,05;30-1=29) diperoleh harga sebesar 1,669. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 11.896 > ttabel = 1.669). Berdasarkan kriteria pengujian bahwa terima Ha: jika thitung > ttabel pada a = 0,05 ; n-1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh latihan dumbbell terhadap ketepatan smash dalam olahraga tenis meja pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Duhiadaa.
Berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan, mempenganuhi kemampuan siswa secara signifikan dalam ketepatan smash dalam olahraga tenis meja setelah pelaksanaan eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penulis yang berbunyi ��Ã..."jika latihan dummbell diterapkan, maka ketepatan smash dalam olahraga tenis meja pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Duhiadaa akan berpengaruh�� dapat diterima.
Kata Kunci : Latihan Dumbbel, Smash, Tenis Meja
Download berkas