Penulis / NIM
ALAN APRIANTO POMONTOLO / 831418058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Alan Aprianto Pomontalo, NIM. 831418058. Meningkatkan Hasil Belajar Pasing Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe T.A.I (Team Assisted Individualization) Di SDN 1 Tapa. Tahun 2022. Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olaharaga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Hariadi Said, M.S dan Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini â�Å"Apakah model pembelajaran kooperatif tipe T.A.I (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan passing Siswa SDN 1 Tapa? Tujuan penelitian ini dapat digunakan untuk pemilihan atau sebagai pertimbangan dalam memilih atlet sepakbola yang mempunyai kemampuan passing. Hipotesis yang diajukan yaitu : â�Å"jika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe T.A.I (Team Assisted Individualization) diterapkan, maka teknik passing menggunakan kaki bagian dalam pada siswa SDN 1 Tapa dapat ditingkatkanâ�Â.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola melalui model pembelajaran kooperatif tipe T.A.I (team assisted individualization) dapat meningkat pada siswa kelas V SDN 1 Tapa. Peningkatan keterampilan passing kaki bagian dalam dapat dilihat berdasarkan hasil observasi awal, siklus I sampai siklus II. Pada observasi awal nilai ketuntasannya adalah 0%, siklus I nilai ketuntasannya adalah 23.08% dan pada siklus II menjadi 100%. Nilai rata-rata keterampilan passing kaki bagian dalam juga meningkat, yaitu pada observasi awal adalah 40.81, pada siklus I meningkat menjadi 63.03 dan kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 80.56. Data tersebut menunjukkan peningkatan keterampilan passing kaki bagian dalam pra siklus sampai dengan siklus dua.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan penelitian sudah berhasil dengan baik, sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam melalui model pembelajaran kooperatif tipe T.A.I (team assisted individualization) siswa kelas V SDN 1 Tapa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing, Kaki Bagian Dalam, Sepak Bola, Kooperatif, Team Assisted Individualization
Download berkas