Penulis / NIM
ATRI YUYUN / 831418073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN, S.Pd, M.Pd / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Atri Yuyun, NIM 831 418 073. Meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran direct instruction siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Kota Gorontalo, Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, M.S dan Pembimbing II Ruslan, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Bagaimana meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui model pembelajaran Direct Instruction siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Kota Gorontalo?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik passing bawah pada siswa kelas VII-A di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo.
Berdasarkan data yang telah diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode direct instruction sebagai metode pembelajaran dalam tahap permainan bola voli dimata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan satu siklus, ternyata keberanian siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil belajar passing bawah pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kota Gorontalo meningkat dari 40.12 pada kondisi awal menjadi 58.64 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 82.71 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode direct instruction dalam pembelajaran mempunyai pengaruh hasil belajar passing bawah.
Kata Kunci: hasil belajar, passing bawah, permainan bola voli, pembelajaran direct instruction.
Download berkas