Penulis / NIM
MOH. MUKHLIS A. KAUDO / 831418075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Kaudo, Moh. Mukhlis A. NIM 831418075 Skripsi yang berjudul â�Å"Pengembangan Model Pembelajaran Juggling Pada Permainan Sepak Bola Siswa MAN 1 Kota Gorontaloâ�Â. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidkan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr Hariadi Said M.S, Dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan serta kelayakan pengembangan model pembelajaran juggling pada permaian sepak bola Siswa MAN 1 Kota Gorontalo? Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengembangan serta kelayakan model pembelajaran juggling pada permainan sepak bola siswa MAN 1 Kota Gorontalo.
Hasil akhir dari kegiatan penelitian pengembangan ini adalah produk pengembangan model pembelajaran juggling pada permainan sepak bola yang berdasarkan data pada saat uji coba skala kecil (N=10) dan uji coba lapangan (N=21). Hasil analisis data evaluasi ahli sepak bola, didapat rata-rata prosentase 96% dan hasil analisis data evaluasi ahli Pembelajaran, didapat rata-rata prosentase 83,3%. Hasil analisis data uji coba kelompok lapangan (skala besar), didapat rata- rata prosentase 93.19%, Berdasasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka produk model pembelajaran juggling pada permainan sepak bola ini telah memenuhi kriteria sangat baik sehingga dapat digunakan untuk siswa kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo. Faktor yang menjadikan model ini dapat diterima adalah dari semua aspek uji coba lapangan (skala besar) diperoleh hasil dari semua aspek uji coba yang ada, lebih dari 95.77% siswa dapat mempraktikkan dengan sangat baik. Baik pemahaman terhadap peraturan permainan, penerapan sikap dalam permainan dan aktivitas gerak siswa yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan pengembangan. Siswa menyatakan model pembelajaran dapat dilakukan siswa putra dan putri 100%, model pembelajaran tidak membosankan 95.24%, model pembelajaran menarik bagi siswa 100%, senang terhadap model pembelajaran 100%, model pembelajaran menambah motifasi siswa untuk berlatih didapat prosentase 85.71%. berdasarkan jawaban positif siswa pada uji coba skala besar tersebut sehingga model pembelajaran juggling pada permainan sepak bola ini dapat digunakan untuk siswa kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Pengembangan, Juggling, Sepak Bola
Download berkas