Penulis / NIM
DWI SULISTIANI / 831418080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN, S.Pd, M.Pd / 0017087802
Abstrak
ABSTRACK
Dwi Sulistiani. 831418080 . 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran 4 On 4 di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan bapak Ruslan S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui kemampuan Passing Bawah Melalui Model Pembelajaran 4 On 4 pada permainan bola voli.
Penelitian ini menggunakan Peneitian Tindak Kelas (PTK) penelitian tindakan adalah penerapan berbagai fakta yang ditemukan untuk memecahkan masalah dalam situasi sosial untuk meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukan dengan melibatkan kolaborasi dan kerja sama peneliti dan praktisi.
Berdasarkan Hasil penelitian tentang tentang Hasil Belajar Passing Bawah Pada permainan bola voli melalui model pembelajaran 4 on 4 dikelas VIII-2 Smp Negeri 1 Telaga Model pembelajaran 4 on 4 ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan Passing bawah . Berdasarkan hasil data awal pembelajaran kemampuan passing bawah ini dalam permainan bola voli pada siswa kelas VIII-2 SMPN 1 Telaga memperoleh nilai rata-rata sebesar 37,29 . Hasil pengamatan tes kemampuan Passing bawah siswa pada siklus I, diperoleh skor rata-rata sebesar 60,11. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan Passing bawah pada siklus II sebesar 70,27%. Peningkatan skor rata-rata dan persentase kategorisasi kemampuan passing bawah pada siklus III mencapai 80,35% . Hasil tersebut tentunya mendukung keberhasilan pembelajaran kemampuan Passing bawah menggunakan Passing Bawah.
Kata kunci : Permainan Bola voli, permainan 4 on 4 Hasil Belajar Siswa.
Download berkas