Penulis / NIM
RESA TALAWO / 831418116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ASWAN DAI, M.Pd / 0021026102
Pembimbing 2 / NIDN
ELLA H. TUMALOTO, S.Pd., M.Pd / 0028048705
Abstrak
ABSTRAK
Resa Talawo. NIM. 831418116. Meningkatkan Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak bola Melalui penerapan Metode Resiprokal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan. 2022. Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pndidikan Keolahragaan Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Aswan Dai, M.Pd Dan Pembimbing II Ella H. Tumaloto S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut ��Ã..."Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan?Ã��ÂÂ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuka mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran resiprokal terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan. Hipotesis Tindakan dalam penelitian Tindakan kelas ini adalah melalui penerapan metode resiprokal maka Gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan dapat ditingkatkan.
Penelitian Tindakan kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan/obsevasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada pembahasan sebelumna, diperoleh simpulan bahwa:
Pembelajaran melalui penerapan metode resiprokal, dapat meningkatkan Gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang siknifikan dari siklus I dan siklus II. Gerakan menggiring bola pada siklus I meningkat menjadi 62,24 dengan jumlah siswa 28 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 81,38
Download berkas