Penulis / NIM
RAHMAT SAFITRA MADU / 831418159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr AISAH R POMATAHU, M.Kes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
ELLA H. TUMALOTO, S.Pd., M.Pd / 0028048705
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat Safitra Madu. 2022 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RASDU (RESITASI, ANALISIS DAN DISKUSI) DALAM LARI ESTAFET PADA SISWA SDN 70 KOTA TENGAH. Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr. Aisah R Pomatahu M.Kes. Pembimbing II Ella H Tumaloto S.Pd M.Pd
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan buku panduan Model Pembelajaran RASDU (Resitasi Analisis Diskusi) sebagai model pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa sekolah dasar kelas VI. Secara khusus penelitian diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta mengidentifikasi karakteristik, keunggulan, dan keterbatasan model pembelajaran pengembangan yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan produk, dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mendesain draf produk awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, uji skala besar, revisi terakir. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 70 Kota tengah. Jumlah subjek penelitian adalah 42 siswa dengan sampel 20 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh 3 orang ahli .
Hasil penelitian ini adalah suatu produk buku panduan Model Pembelajaran RASDU (Resitasi Analisis Diskusi) Pada Lari Estafet yang dapat digunakan sebagai panduan model pembelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan. Berdasarkan uji coba terhadap produk, diketahui respon siswa dalam bentuk skor total dengan kategori sangat baik. Skor total tersebut menggambarkan pencapaian dari aspek Kognitif, Afektif, Psikomotor dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan Model Pembelajaran RASDU( Resitasi Analisis Diskusi).
Kesimpulan penelitian ini adalah suatu produk Model Pembelajaran RASDU(Resitasi Analisis Diskusi) yang dapat digunakan sebagai model pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar, dan menanamkan nilai kerjasama, sportifitas, dan kejujuran pada siswa sekolah dasar kelas VI. Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapkan bagi guru penjas di SDN 70 Kota tengah dapat menggunakan Model Pembelajaran RASDU sebagai model pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan terutama untuk kelas VI.
Kata Kunci : Model Pembelajaran RASDU, Resitasi, Analisis, Diskusi, Teknik dasar lari estafet
ABSTRACT
Rahmat Safitra Madu. 2022 DEVELOPMENT OF RASDU LEARNING MODEL (RESITATION, ANALYSIS AND DISCUSSION) IN RELATED RUN ON STUDENTS OF SDN 70 CENTRAL CITY. State University Of Gorontalo. The Principal Supervisor Prof. Dr. Aisah R Pomatahu M.Kes. And Co supervisor Ella H Tumaloto S.Pd M.Pd
This development research aims to produce a product development guidebook for the RASDU Learning Model (Resitation Analysis Discussion) as a learning model for Physical Education, Sports and Health for grade VI elementary school students. In particular, research is expected to improve the learning process of Physical Education, Sports and Health, as well as identify the characteristics, advantages, and limitations of the developed learning model. This research is development research, product development, carried out through several stages, namely designing initial product drafts, expert validation, small-scale trials, large-scale tests, and final revisions. The subjects of this study were students of SDN 70 Central City. The number of research subjects was 42 students with a sample of 20 students. Expert validation was carried out by 3 experts.
The result of this research is a product of the RASDU Learning Model Guidebook (Resitation Analysis Discussion) on Relay Running which can be used as a guide for physical education, sports and health learning models.Based on the trial of the product, it is known that the student's response is in the form of a total score with a very good category. The total score describes the achievement of the Cognitive, Affective, Psychomotor aspects in the learning process, using the RASDU Learning Model (Recitation Analysis Discussion).
The conclusion of this research is a product of the RASDU Learning Model (Recitation Analysis Discussion) which can be used as a learning model for Physical Education, Sports and Health, to develop basic movement skills, and instill the values of cooperation, sportsmanship, and honesty in grade VI elementary school students. Based on the results of the research above, it is hoped that physical education teachers at SDN 70 Central City can use the RASDU Learning Model as a learning model for Physical Education, Sports and Health, especially for class VI.
Keywords: RASDU Learning Model, Recitation, Analysis, Discussion, Basic technique of relay running
Download berkas