Penulis / NIM
YAHYA RUNTUKAHU / 832410123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
Yahya Runtukahu 2017. 832 410 123. Judul. Pengaruh Latihan Konvensional dan Modifikasi Terhadap Hasil Kecepatan Reaksi Pada Permainan Bola Voli Putra SMP N 2 BINTAUNA tahun 2017.Dosen Pembimbing 1 Dra. Hj . Nurhayati Liputo,S.Pd,M.Pd, Dan Pembimbing 11 Edy Darma Putra Duhe,S.Pd,M.Pd.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh antara latihan konvensional dan Modifikasi terhadap hasil kecepatan reaksi pada Permainan Bola Voli Putra Kls V111 SMP N 2 BINTAUNA tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola X-Y. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Siswa bola voli putri Kls V111 SMP N 2 BINTAUNA 2017 usia 13-15 tahun berjumlah 20 siswa. Variabel penelitian ini ada dua macam yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah konvensional dan reaksi modifikasi. Variabel terikatnya adalah hasil kecepatan reaksi. Instrumen tes dalam penelitian ini dalam penelitian ini menggunakan. Analisis data menggunakan tehnik statistik Post-test pada taraf signifikansi . Sebelum uji hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis hipotesis berupa uji. Data hasil tes akhir dianalisis menggunakan Pro-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan konvensional dan latihan reaksi modifikasi terhadap hasil kecepatan reaksi. Berdasarkan uji perbedaan mean kedua . Karena menggunakan satuan per MENIT maka semakin sedikit waktu yang diperlukan berarti semakin baik, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa latihan reaksi modifikasi lebih baik dibanding latihan konvensional terhadap hasil kecepatan reaksi pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 BINTAUNA Tahun 2017. Berdasarkan hasil penelitian diatas bagi pelatih atau guru olahraga, dalam memberikan latihan, khususnya latihan reaksi disarankan menggunakan reaksi modifikasi sebagai bentuk alternatif latihan. Bagi Pelatih atau guru olahraga hendaknya selalu memperdalam ilmunya baik secara teori maupun praktik melalui penelitian-penelitian lain sehingga anak didik yang dibinanya dapat berkembang dan berprestasi seoptimal mungkin. Bagi pera calon peneliti yang tertarik dengan penelitian ini, maka hasil ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan.
Download berkas