SKRIPSI

Penulis / NIM
SARTIKA TOLINGGUHU / 841409075
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
DIAN SARASWATI, S.Pd, M.Kes / 0029056902
Pembimbing 2 / NIDN
NURMAULID, S.Kep, Ns., M.Kes / 00191283
Abstrak
ABSTRACT Sartika Tolingguhu, 2013. The Relationship between Motivation Level to be a Nurse and Grade Point Average (GPA) of Students on the Semester of Fourth. Skripsi. Department of Nursing, Faculty of Health Sciences and Sports, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor was Dian Saraswati and the co-supervisor was Nurmaulid. Education is one of the factors which can increase the human resources. In the level of high education, students are required to be active in a learning process through any kind of media of learning. All academic requirements like following the lecture, and completion the tasks must be followed, so the students’ achievement can be showed through Grade Point Average (GPA) and the accuracy in completing study. This research applied descriptive survey research with cross sectional study approach. Technique of collecting the data used total sampling (135). The analysis of the data used Univariate analysis and Bivariat analysis (spearman) with the mark 0.346 significant 0.000. The results of this research showed; 1) the motivation to be a nurse, students on the semester of fourth on the category average motivation or about 56,3 %. 2) GPA of students have category satisfied for about 118 students or 87,4 %. 3) There is a relationship between motivation level to be a nurse and Grade Point Average (GPA) of students on significant level p=0.00 (p < ? 0.05). Keywords: Motivation Level, GPA ABSTRAK Sartika Tolingguhu 2013. Hubungan Tingkat Motivasi Menjadi Perawat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dian Saraswati dan Pembimbing II Ibu Nurmaulid. Pendidikan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan sumber daya manusia, pada tingkat pendidikan tinggi mahasiswa dituntut untuk aktif dalam proses belajar melalui media yang ada, persyaratan akademik di Pendidikan tinggi bukan hanya sekedar mengikuti perkuliahan saja tetapi ada ketentuan-ketentuan lain seperti kehadiran dalam mengikuti perkuliahan, penyelesaian tugas-tugas, serta ikut aktif dalam kegiatan akademik lainyya, sehingga keberhasilan mahasiswa ditandai dengan prestasi belajar yang dicapai dan ditunjukan melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serta ketepatan dalam menyelesaikan studi. Penelitian ini menggunakan penelitian survey deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling (135). Analisa data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Analisis Univariat dan Analisis Bivariat (Spearman) dengan nilai 0,346 signifikan 0,000 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi menjadi perawat mahasiswa semester IV Jurusan Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo sebagian besar mahasiswa memiliki motivasi sedang yaitu sebanyak 76 orang atau sebesar (56,3%); (2) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Semester IV Jurusan Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo sebagian besar berada pada kategori sangat memuaskan yaitu sebanyak 118 orang atau sebesar (87,4%); (3) Terdapat hubungan antara Tingkat Motivasi Menjadi Perawat Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Semester IV Jurusan Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo pada taraf signifikan p=0,000 ( p< ? 0,05). Kata Kunci : Tingkat Motivasi, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011