Penulis / NIM
NELAWATI I. MANANGI / 841410022
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
dr. VIVIEN NOVARINA A KASIM, M.KES / 0019058301
Abstrak
ABSTRAK
Nelawati Manangi. 2014. Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri I Telaga Kabupaten Gorontalo.Skripsi, Prodi Ilmu keperawatan, jurusanKeperawatan, FakultasIlmu-ilmuKesehatandanKeolahragaan, UniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I RiniFahriana Zees S.Kep, Ns, M.Kep, danPembimbing II dr. Vivien Novarina A. Kasim, M.Kes
Konsepdirimerupakanhasildariaktivitaspengeksplorasiandanpengalamannyadengantubuhnyasendiri. Prestasibelajaradalahrealisasiataupemekarandarikecakapanpotensialataukapasitas yang dimilikiseseorang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantarakonsepdiridenganprestasibelajarsiswakelas XI SmaNegeri I TelagaKabupatenGorontalo.
PenelitianinimenggunakanmetodeObservasionalanalitikdenganpendekatancross sectional.Jumlahsampeldalampenelitianiniberjumlah 75 respondendenganteknikpengambilansampelyaituTotal Sampling.Instrumen yang digunakandalampenelitianyaitukuisionerdanobservasi
Dari hasilunivariatbahwakonsepdiriterbanyakyaitukonsepdiribaiksebanyak 42 responden (56,0%), denganprestasibelajartetapsebanyak 33 responden (44,0%). HasilujistatistikadenganmenggunakanujiKendall's didapatinilaip=0,023 artinyaterdapathubunganantarakonsepdiridenganprestasibelajarpadasiswakelas XI SMA Negeri I TelagaKabupatenGorontalo
Kesimpulandalampenelitianiniadalahterdapathubunganantarakonsepdiridenganprestasibelajarkelas XI SMA Negeri I TelagaKabupatenGorontalo, sehinggadisarankanuntuksiswa agar memperbaikikonsepdiri yang adadalamdirinya, agar dapatmengetahuidanmenyadarikekurangan-kekurangan yang adadalamdirinyadanberusahamemperbaikinya.
Kata kunci :KonsepDiri, PrestasiBelajar
Download berkas