Penulis / NIM
NUR'AINI SYAMSUL / 841410031
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Pembimbing 2 / NIDN
dr. VIVIEN NOVARINA A KASIM, M.KES / 0019058301
Abstrak
ABSTRAK
Nuraini Syamsul, 2015. Hubungan Kemampuan Dan Motivasi Kerja Perawat Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Rsud Dr. M.m Dunda Limboto Tahun 2015.Skripsi, Jurusan S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Rini Fahriani Zees, S.Kep, Ns, M.Kep dan Pembimbing II dr. Vivien Novarina A. Kasim M.kes.
Menurut WHO rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kemampuan dan motivasi kerja perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan di RSUD Dr. M.M Dunda Limboto.
Penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian sebanyak 132 orang perawat dan sampel sebesar 64 responden yang diambil dengan memakai teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat.
Hasil uji univariat didapatkan sebagian besar kemampuan perawat tergolong cukup sebanyak 55 orang (85,9%), dan 53 orang (82,8%) yang memiliki motivasi cukup, serta yang memiliki kualitas pelayanan tergolong cukup sebanyak 37 orang (57,8%). Hasil uji bivariat Fisher's Exact Test terdapat hubungan antara kemampuan perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan, dan hubungan antara motivasi perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan dengan nilai P Value 0,000.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemampuan dan motivasi kerja perawat dengan kualitas pelayanan keperawatan di RSUD Dr. M.M Dunda Limboto. Untuk itu di harapkan bagi pihak rumah sakit dapat meningkatkan kemampuan perawatnya.
Kata Kunci : Kemampuan, Motivasi, Kualitas Pelayanan.
Download berkas