Penulis / NIM
RAHMAWATI S. ARDANI / 841410064
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
REIN D.JUNAIT,S.KEP,NS / 0006
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati S Ardani, 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan
Perkembangan Perilaku Sosial Pada Anak Prasekolah di TK kenari Desa
Lauwonu kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo 2014. Skripsi, Jurusan
Keperawatan, Fakultas ilmu-ilmu kesehatan dan keolaragaan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Sunarto Kadir, Drs, M.Kes dan pembimbing II, Ns
Iqbal Husain S.Kep, M.Kep Sp,KMB (Alm) dan Ns Rhein Djunaid, S.Kep,
M.Kes.
Anak prasekolah merupakan anak usia dini dimana anak belum menginjak
masa sekolah. Pada masa ini dibutuhkan dukungan dan pola asuh yang baik dari
orang tua untuk mengembangakan totalitas potensi yang ada pada diri anak.
Adapun rumusan masalah yakni apakah ada hubungan pola asuh orang tua dengan
perkembangan perilaku sosial pada anak prasekolah.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua
dengan perkembangan perilaku sosial pada anak prasekolah. Jenis penelitian ini
menggunakan Survei Analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi
penelitian adalah seluruh orang tua anak yang ada di TK Kenari Desa Lauwonu
Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Sampel pada penelitian ini berjumlah
42 orang. yang di tentukan dengan teknik Total Sampling. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
Analisis statistik menggunakan uji kendall's tau. Hasil penelitian
didapatkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan
perkembangan perilaku sosial pada anak prasekolah dengan nilai p= 0.003.
kesimpulan yang memiliki pola asuh yang baik ada 29 orang (69,0%) dan yang
memiliki perilaku sosial yang baik ada 25 orang (59,5%). Saran bagi orang tua
hendaknya memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anak agar
memperoleh perkembangan sosial ke arah yang lebih baik.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Sosial
Download berkas