Penulis / NIM
KARTIKA OLI'I / 841410080
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes / 0018096605
Pembimbing 2 / NIDN
IQBAL D.HUSAIN, S.Kep, Ns., M.KeP / 012
Abstrak
ABSTRAK
Kartika Olii. 2014. Kualitas Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien (Suatu Penelitian di ruang MPKP RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo). Skripsi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes dan Pembimbing II Ns. Iqbal Husain S.Kep, Sp. KMB. Daftar Pustaka : 22 (1998-2013)
Kualitas pelayanan keperawatan terdiri dari jumlah keistimewaan produk, baik keistimewaan langsung maupun keistimewaan atraktif yang memenuhi harapan pelanggan dan demikian memberikan kepuasan atas penggunaan produk itu, kualitas pelayanan keperawatan juga sebagai indikator kualitas pelayanan kesehatan yang menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan dimata masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah ada pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di Ruangan MPKP RSUD Prof. Dr. H Aloei Saboe Kota Gorontalo.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan crossecsional. Besar sampel yang digunakan sebanyak 50 pasien dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Pengolahan dan analisis data univariat menggunakan analisis deskriptif sedangkan analisis bivariat menggunakan uji statistik fisher's exact test dengan signifikan lebih kecil dari pada ( = 0,05).
Hasil dari analisis bivariat kualitas pelayanan keperawatan adalah 0,17 (signifikansi < 0,05) sehingga dapat diketahuai kualitas pelayanan keperawatan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Ruangan MPKP RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo.
Diharapkan kualitas pelayanan dan motivasi yang diberikan oleh perawat dan tim medis lainya selama masa perawatan kepada pasien mampu menurunkan kecemasan sehingga pasien akan sembuh lebih cepat, hal ini akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien.
Download berkas