Penulis / NIM
FRANGKI HAMANI / 841410112
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
DR ROSMIN ILHAM, S.Kep,Ns,MM / 0007
Abstrak
ABSTRAK
FrangkiHamani. 2014. Hubunganantara status gizidengantingkatprestasibelajaranak di SD Negeri 2 MootilangoKabupatenGorontalo. Skripsi, JurusanKeperawatan, FakultasIlmu-IlmuKesehatandanKeolahragaan, UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing I, dr. Zuhriana K. Yusuf, M.KesdanPembimbing II, DR. RosminIlhamS.Kep, Ns, MM.
Status gizimerupakansalahsatufaktor yang mempengaruhitingkatprestasibelajaranakinidikarenakan status gizi yang baikakanmenghasilkanderajatkesehatan yang baikdantingkatprestasi yang baik pula. Status gizibaikmeningkatkanperkembanganotak yang baik, perkembanganotak yang baikakanmenghasilkantingkatprestasibelajar yang baik.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantara status gizidengantingkatprestasibelajaranak di SD Negeri 2 MootilangoKabupatenGorontalo.
Penelitianiniadalahpenelitiandenganmetodekuantitatif yang termasukjenispenelitianobservasidanpendekatanCross Sectional.Teknik sampling yang digunakanstratified random sampling. JumlahsampeldalamPenelitianinisebanyak 86 siswayang berada di SD Negeri 2 MootilangoKabupatenGorontalo.Uji statistic yang digunakanyaituujikolerasiKendal Tau
Hasilpenelitianinimenunjukanbahwaadahubungan yang bermaknaantara status gizidengantingkatprestasibelajaranak di SDS Negeri 2 MootilangoKabupatenGorontalo.Dari hasilperhitungannilaikeofisienkolerasiP=Value 0.000
SebagaikesimpulansSebagianbesarsiswamemiliki status gizibaikyaitusebanyak 64 siswa (74,4%) danSebagianbesarsiswamemilikinilaibaikyaitusebanyak 51 siswa (59,3). Untukitudisarankanbagi orang tuauntukmemperhatikan status gizianak, danuntukpetugaskesehatan agar kiranyabisamenurunkanprevalensigizikurangpadaanak
.
Kata Kunci : Status Gizi, PrestasiAnak.
Download berkas