Penulis / NIM
VIDYA VRIVANTY HIDAYAT / 841410119
Program Studi
S1 - KEPERAWATAN
Pembimbing 1 / NIDN
dr. ZUHRIANA K YUSUF, M.Kes / 0006017405
Pembimbing 2 / NIDN
IQBAL D.HUSAIN, S.Kep, Ns., M.KeP / 012
Abstrak
ABSTRAK
Vidya V. Hidayat. 2014. Faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di ruangan interna kelas I RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Zuhriana K. Yusuf, M.Kes dan Ns. Iqbal Husain, S.Kep, M.Kep, Sp.KMB Pembimbing II.
Pelayanan keperawatan adalah pelayanan keperawatan profesional yang memiliki mutu, kualitas, bersifat efektif, efisien sehingga memberikan kepuasan pada kebutuhan dan keinginan lebih dari yang diharapkan pelanggan atau pasien.Tujuan dari penelitian ini adalah Diketahuinya Faktor-faktor Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan.
Desain Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey analitik dengan pendekatan waktu crooss sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien rawat inap pada saat penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang dengan tehnik pengambilan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat yaitu mendeskripsikan karakteristik setiap variabel penelitian.
Hasil penelitian menunjukan tangible baik 28 (84,8%) dan kurang 5 (15,2%), reliability baik 27 (81,8%) dan kurang 6 (18,2%), responsiveness baik 29 (87,9%) dan kurang 4 (12,1%), assurance baik 29 (87,9%) dan kurang 4 (12,1%), emphaty baik 30 (90,9%) dan kurang 3 (9,1%) dan tingkat kepuasan pasien dalam kategori puas 29 (87,9%) dan tidak puas 4 (12,1%).
Kesimpulan tingkat kepuasan pasien dipengaruhi oleh pelayanan keperawatan dimana rata - rata pelayanan keperawatan dikategorikan baik. Saran diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak rumah sakit untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan keperawatan.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan
Daftar Pustaka : 22 (2000 - 2012)
Download berkas